VIDEO TRENDING AJP CREATIONS

Belajarlah Menghargai Orang Lain Sebelum Minta Dihargai



Hal yang sangat berharga dalam kehidupan ini diantaranya adalah dihargai orang lain. Sekaya apapun seseorang jika ia tidak dihargai maka dia nampak tidak mulia di antara yang lain. Setinggi apapun pendidikan seseorang jika ia tidak dihargai orang lain, maka ia akan sama saja seperti orang yang tidak berpendidikan. Serta begitu banyak hal, walaupun kita mempunyainya. Namun jika kita tidak dihargai karena hal itu semua, niscaya diri kita menjadi sosok yang kurang berharga. Tentu ada banyak hal yang bisa membuat orang menjadi dihargai oleh orang lain. Diantaranya adalah ketika kita mempunyai sifat mau menghargai orang lain, bukan malah meminta atau bahkan memaksa orang lain menghargai kita. 

Jika kita memang ingin dihargai oleh orang-orang di sekitar kita, maka kita pun harus menghargai mereka terlebih dahulu. Atau kita tidak menunggu meminta dihargai disana-sini baru kita mau menghargai orang lain. Tentu orang lain akan merasa sangat senang jika dirinya dihargai, hingga ia kemungkinan akan menghargai kita sebaliknya. Kita harus belajar menghargai orang lain, walaupun kita mungkin mempunyai sesuatu yang lebih dari mereka. Walau kita mempunyai harta yang berlebih, bukan berarti kita malah merendahkan orang yang tidak punya. Walaupun kita mempunyai jabatan yang lebih tinggi dari orang lain, bukan berarti orang yang tidak mempunyai jabatan itu lebih rendah dari kita. Walaupun kita sudah bersekolah dan mempunyai gelar pendidikan yang begitu panjang, bukan berarti kita menjadi gila hormat minta dihargai. Hal itu karena semua ini hanyalah titipan di dunia semata. Kita tidak akan membawanya hingga ke liang kematian.

Menghargai orang lain, bukan berarti membuat diri kita menjadi lebih rendah. Justru hal itu membuat kita bisa dihargai orang lain. Namun bukan karena minta dihargai, kita menjadi menghargai orang lain. Kita melakukan hal itu sebagai bentuk rasa sopan dan perhormatan kepada orang lain. Mungkin kita sering melihat ada segelintir orang yang seolah segan untuk menghargai orang lain yang menurutnya tidak selevel dengan dirinya, entah itu karena hartanya, jabatannya, gelarnya, pendidikannya, ataupun hal lain yang menurutnya luar biasa. Memang di dunia ini tidak semua orang adalah orang yang baik, jadi kita perlu sabar menghadapi mereka. Terpenting kita tidak ikut-ikutan untuk menjadi orang yang gila hormat.

Saat kita mau menghargai orang lain, disitulah kita justru terlihat berharga. Sedangkan orang yang tidak mau menghargai orang lain, disitulah letak kerendahannya. Hingga kita sering melihat orang yang begitu nampak sederhana namun ia begitu istimewa terasa. Sebaliknya ada orang yang nampak begitu banyak gaya, namun dia malah seolah tidak ada harganya. Berharga itu memang tentang bagaimana perilaku kita terhadap orang lain. Bagaimana kita membuatnya merasa berharga, bukan malah selalu meninggi-ninggikan diri kita sendiri daripada orang lain. Maka sederharnanya adalah kita harus belajar menghargai orang lain, sebelum kita minta dihargai.

0 Response to "Belajarlah Menghargai Orang Lain Sebelum Minta Dihargai"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari AJP Creations Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.