VIDEO TRENDING AJP CREATIONS

7 Hal Yang Biasa Dilakukan Seseorang Ketika Baru Lulus Sekolah atau Kuliah

7 Hal Yang Biasa Dilakukan Seseorang Ketika Baru Lulus Sekolah atau Kuliah
image : pixabay.com

Rasanya tentu sangat bahagia ketika kita sudah bisa lulus dari sebuah sekolah, apalagi sudah lulus di tingkat perkuliahan. Hingga kadang kita begitu ingin merayakannya dengan cara kita masing-masing. Entah itu makan-makan bareng temen, atau melakukan syukuran dengan mengundang beberapa orang sahabat dan keluarga. Hal itu tentu wajar rasanya, karena memang ketika baru lulus sekolah atau kuliah itu, rasanya kita sudah melewati satu tahapan kedewasaan.

Hingga akhirnya waktu eforia kebahagiaan itu akhirnya berganti juga, seiring dengan pikiran tentang rencana apa yang harus dilakukan kedepan. Ehm-ehm berikut ini adalah 7 hal yang biasanya dilakukan seseorang ketika baru saja lulus, versi AJP Creations.

1. Mencari Pekerjaan
Di antara tujuan seseorang bersekolah adalah agar bisa mendapatkan perkerjaan yang enak, nyaman dan ringan. Maka biasanya di antara teman-teman kita setelah mereka lulus, mereka akan segera mencari pekerjaan. Melamar ke beberapa perusahan, instansi atau dimanapun tempat yang bisa menyediakan lowongan pekerjaan. Hingga bagi kita yang memilih mencari pekerjaan, pastilah kita paham bagaimana rasanya lamaran kita yang ditolak, atau mungkin sampai yang tidak ada kabarnya hingga sampai sekarang. Mungkin disentuh pun tidak, itulah pikiran kita. Karena memang tidak ada kabar sama sekali. Kita merasakan bagaimana kesana-kemari mendapatkan undangan seleksi, panggilan wawancara dan berbagai tes lainnya. Bisa jadi memang kita hanya beberapa kali melakuan seleksi, atau sampai harus berkali-kali hingga bisa bekerja.  

2. Langsung Bekerja
Ada lagi yang setelah lulus bisa langsung bekerja. Rasanya memang beruntung sekali jika mendapatkan jalan hidup yang seperti ini. Namun hal ini tentu bukan hanya tentang sebuah keberuntungan, dibaliknya tentu ada cerita lain yang melatar belakanginya. Bisa jadi bagi kita yang bisa langsung bekerja itu, kita memang telah berusaha dengan sungguh-sungguh ketika bersekolah. Hingga ada sebuah perusahaan atau instansi yang langsung tertatik dengan kita. Bisa pula sebelum lulus, kita sudah menjalin dan membangun banyak hubungan dengan orang lain. Hingga kita punya banyak link untuk segera bekerja.

3. Membuka Usaha
Menjadi pengusaha, ini adalah salah satu pilihan yang sangat keren dan kreatif. Hal itu karena menjadi seorang pengusaha memang butuh sebuah keberanian yang besar. Apalagi jika memang diri kita harus memulainya semua dari nol. Kita mungkin memilih jalan yang berbeda dengan orang lain. Saat orang lain ingin menjadi seorang karyawan, kita sudah berkeinginan menjadi bos atas diri kita sendiri. Tentulah tantangan untuk menjadi pengusaha itu sangat besar, dituntut untuk mempunyai banyak pandangan dan kreatifitas yang luar biasa agar bisa menjadi sukses. Mungkin saja diawal-awal jika kita dibandingkan dengan teman kita yang bekerja sebagai karyawan, maka diri kita akan kalah dari segi penghasilan. Namun saat beberapa tahun kedepan, prospek seorang pengusaha tentu lebih besar daripada seorang karyawan.

4. Diam Saja
Ada lagi, teman kita yang tidak suka melamar-melamar pekerjaan dan juga tidak juga membuka usaha. Ia hanya diam saja, entah karena bingung atau hanya karena malas melakukan sesuatu. Jika ia adalah anak dari seorang pengusaha atau keluarganya memang punya perusahan-perusahaan. Mungkin memang dirinya tinggal menunggu dan memilih waktu untuk bergabung. Namun bagi seseorang yang tidak punya apa-apa, maka berdima seperti itu akan membuat kita tertinggal jauh dengan teman-teman kita. Kita akan semakin kalah bersaing dengan banyak orang yang sudah memulai untuk berusaha atau bekerja.

5. Runtang-Runtung Jadi Pengangguran
Berbeda dengan yang nomor 4, kalau yang nomor 4 ia suka berdiam diri saja. Maka yang nomor lima ini adalah ia yang tidak suka berdiam diri, namun suka sekali runtang-runtung kesana kemari bersama teman-temannya. Namun tujuannya bukan untuk bekerja, mungkin hanya sekadar bercanda tawa sepanjang hari. Lalu bisa jadi malah dilanjutkan hingga begadang sampai malam hari. Mungkin parahnya lagi ia tidak menjadi seorang yang mandiri, ia masih merengek minta uang saku kepada orang tua mereka. Iya kalau orang tuanya adalah orang yang punya, jika tidak pastilah akan menyusahkan orang tuanya.

6. Menunggu Jodoh
Ehm-ehm, apakah kamu seperti yang nomor 6 ini. Kamu lebih memilih untuk menunggu jodoh saja. Menanti seseorang yang akan menikahi dirimu, hehehe. Bisa jadi saat sekolah atau kuliah dulu itu kita sudah bertungangan dengan seseorang. Lalu setelah lulus ingin segera saja untuk menikah. Seorang wanita bisa saja menunggu jodohnya, mungkin diiringi dengan membantu orang tua mereka di rumah untuk mengurusi keperluan rumah. Namun bagi seorang laki-laki, tentu hal itu justru mungkin membuatnya diremehkan oleh seorang wanita karena tidak mau bekerja.
7. Menikah
Pilihan yang begitu wow adalah langsung menikah setelah lulus. Tidak begitu terlalu memikirkan harus kerja dimana, harus buka usaha apa, harus sesukses apa dahulu. Langsung berpikiran yang penting menikah dahulu, baru setelah menikah memikiran harus kerja seperti apa dengan memikirkannya bersama-sama. Harus membuka usaha apa untuk mengisi kehidupan berdua. Memang tidak sedikit yang memilih untuk menikah setelah lulus. Hidup terasa yakin jika telah dijalani berdua, semua cobaan dan tantangan akan dilalui berdua.

Oke demikian 7 hal yang biasa dilakukan seseorang ketika baru lulus sekolah atau kuliah versi AJP Creations. Apapun pilihanmu, semoga telah memikirkannya dengan baik. Agar kita memang mempunyai masa depan yang baik pula.

0 Response to "7 Hal Yang Biasa Dilakukan Seseorang Ketika Baru Lulus Sekolah atau Kuliah"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari AJP Creations Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.