VIDEO TRENDING AJP CREATIONS

Filosofi Sapu Lidi




Sapu lidi, adalah sebuah peralatan rumah tangga yang digunakan untuk bersih-bersih. Sebuah peralatan sederhana, namun hampir setiap rumah memiliki peralatan tersebut. Kali ini AJP ingin membahas tentang filosofi sapu lidi. Sebuah pelajaran berharga dari sapu lidi yang jika diresapi memang sangat bermanfaat bagi kerja sama dan persatuan.

"Sapu lidi itu terdiri dari banyak lidi, lidi-lidi terikat menjadi satu. Membentuk satu kesatuan hingga kuat tidak mudah terpatahkan."

Hal ini mempunyai sebuah makna bahwa jika kita mau bersatu dan bekerja sama, niscaya kita akan menjadi lebih kuat dan lebih hebat. Kita bisa menjadi lebih baik daripada jika kita mengandalkan diri kita sendiri untuk melakukan sesuatu. Jika sendirian maka lidi itu akan mudah patah, namun jika bersama yang lain lidi itu tidak mudah dipatahkan. Walaupun diri kita merasa lebih kuat daripada orang lain, belum tentu kita memiliki kelebihan yang orang lain punya. Kita juga mempunyai banyak kekurangan yang pastinya bisa ditutupi oleh orang lain. Atau sekalipun kita tidak mempunyai kekuatan yang hebat, jika kita mau bekerja sama maka niscaya kita tidak mudah jatuh.


"Bersatunya lidi-lidi itu membuatnya bisa membersihkan sesuatu dengan lebih mudah, daripada sebatang lidi saja."

Tentu kita menyadari bahwa dengan bersatu dengan yang lain maka kita bisa melakukan sesuatu dengan lebih mudah. Sebaliknya jika kita merasa bahwa melakukan sesuatu secara egois tidak mau bekerja sama, niscaya hal itu akan lebih sulit. Hal itu berlaku untuk banyak hal, walaupun ada beberapa hal yang memang hanya bisa dilakukan sendirian. 

Bersatunya lidi-lidi menjadi sebuah sapu lidi itu membuat kita mengerti bahwa persatuan itu sangat dibutuhkan. Apalagi untuk bangsa kita Indonesia ini. Kita mempunyai banyak suku yang sangat beragam, ada banyak ras, kebudayaan, dan berbagai macam golongan yang berbeda-beda. Kita sangat butuh persatuan untuk menjadi lebih kuat dan tidak mudah dipatahkan. Sapu lidi akan terus bisa digunakan dan tidak mudah patah jika semua lidi tetap bersama terikat dalam satu ikatan. Jika ada satu lidi saja yang berkurang maka niscaya berkurangnlah kekuatan dari sapu lidi itu. Begitupun Indonesia kita tercinta ini, kita harus tetap bersatu demi negeri ini tetap jaya. Daripada kita mendengungkan sebuah perpecahan, saling menganggap bahwa kelompok atau golongan kita adalah yang terbaik. Lebih baik kita selalu bersatu dan saling menghargai dalam satu ikatan negeri tercinta ini, Indonesia.

0 Response to "Filosofi Sapu Lidi"

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari AJP Creations Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.