Manfaat-Manfaat Membuat Blog Yang Harus Kamu Tahu!

Manfaat-Manfaat Membuat Blog Yang Harus Kamu Tahu!
image : http://opencomputinginstitute.com

Kali ini AJP ingin berbagi pengalaman terkait manfaat-manfaat yang didapatkan ketika membuat blog. Berbagai hal yang AJP rasakan dan alami ketika membuat dan menulis di blog. Oke seperti inilah manfaat yang bisa kita dapatkan ketika membuat blog. 

1. Wadah bagi diri untuk menuangkan curhatan bahkan ide-ide cemerlang.

Pertama dahulu ketika AJP membuat blog, sederhananya banyak untuk menuangkan curhatan yang ingin diungkapkan. Berawal dari sebagai tempat curhat akhirnya malah bisa menjadi tempat untuk menyampaikan banyak ide-ide. Kita bisa berpendapat di blog kita sesuai keinginan kita. Asalkan hal itu tidak melanggar nilai dan norma yang ada. Jadinya kita punya tempat yang asyik untuk bercerita. Entah itu nantinya akan dilihat banyak orang atau tidak, jika cerita yang kita tulis itu menarik maka tentu akan dilihat orang lain pada suatu saat.

2. Sebagai tempat berbagi, entah berbagi ilmu sampai berbagi pengalaman.

Seperti halnya dalam postingan ini yang membahas manfaat dari membuat blog. Inilah diri kita yang bisa berbagi hal-hal yang ingin kita bagikan kepada orang lain. Terkadang kita lebih bisa untuk menuliskannya daripada mengatakannya. Tulisan kita mungkin saja tidak sebagus orang lain, tidak sekeren penulis-penulis terkenal. Namun yang terpenting adalah niat kita untuk membagikan apa yang bisa kita bagikan. Mungkin dari pengalaman-pengalaman yang telah kita alami itu bisa menjadi cerita yang menghibur bahkan menginspirasi orang lain. Bisa jadi kita membagikan ilmu-ilmu yang pernah kita pelajari, sesedikit apapun ilmu yang ingin kita bagikan. Maka niscaya itu adalah hal yang mulia.

3. Bisa membuat diri kita mengenal dan dikenal banyak orang.

Seperti halnya AJP, mungkin juga tak banyak yang mengenalnya. Namun karena seringnya membuat tulisan-tulisan disini. Jadi banyak orang yang bisa saling mengenal. Hingga akhirnya kita bisa dikenal banyak orang di berbagai pelosok negeri. AJP dulu juga tidak menyangka bisa berinteraksi dengan banyak orang di luar tempat tinggalnya tanpa kenal langsung terlebih dahulu. Berkat tulisan-tulisan sesederhana inilah akhirnya bisa dikenal juga.

4. Bisa menjadi tempat mencari penghasilan secara online

Poin yang keempat ini dulu juga tidak pernah AJP sangka-sangka. Dari hanya sekadar tempat curhat, berbagi dan menulis apa saja. Ternyata blog yang kita punya bisa menjadi sumber penghasilan. Bisa menjadi tempat kita mendapatkan rejeki lewat online. Bagaimana caranya? pasti banyak yang bertanya-tanya. Cara yang paling sederhana adalah kita bisa membuat blog kita menghasilkan uang dengan cara memasang iklan di blog kita. Iklan itu bisa kita tawarkan sendiri dengan memasang jasa pemasangan iklan. Atau yang paling disukai para blogger adalah memasang iklan dari Google Adsense. Selain Google Adsense juga ada banyak pihak yang bisa kita ajak bekerja sama. 

5. Melatih diri kita bisa menulis dengan baik dan menarik

Lambat laun pelan tetapi pasti, maka lama-lama kita pun akan berkembang. Dahulu AJP juga hanya bisa menuliskan kalimat-kalimat yang tidak jelas intinya seperti apa. Bahkan sering dikomentari sebagai curhatan galau saja. Namun lama-lama memang diri kita sedikit demi sedikit belajar. Kita juga jadi terbiasa menuliskan sesuatu secara lebih apik dan nyaman untuk dibaca. Bahkan yang tak AJP sangka juga, AJP bisa menerbitkan sebuah buku. Berawal dari tulisan-tulisan sederhana, eh malah bisa menjadi seorang penulis.

6. Bisa bermanfaat untuk orang lain

Poin yang ini nih yang membuat diri kita bisa merasa lebih berharga sebagai diri sendiri. Saat kita bisa bermanfaat bagi orang lain itu adalah salah satu bagian terpenting dari hidup ini. Bahkan Allah Ta'ala, menegaskan pada kita bahwa diantara orang-orang yang  paling baik di antara kita adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Mungkin dengan menulis di blog, menulis hal-hal dari sudut pandang positif. Entah tulisannya terasa biasa, terasa tidak keren, terasa acak adut. Namun manfaatnya lah yang paling utama. 

Oke demikianlah yang bisa AJP share, eh iya jika kamu sudah punya blog maka jangan dianggurin ya. Atau bagi kamu yang belum punya blog maka mungkin segera saja membuatnya. Banyak kok yang menyediakan layanan gratis. Seperti lewat blogger atau lewat wordpress. Oke semangat ngeblog bagi semuanya, salam kenal dari AJP.

0 Response to "Manfaat-Manfaat Membuat Blog Yang Harus Kamu Tahu! "

Post a Comment

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari AJP Creations Melalui Email Anda. Jangan lupa cek kotak masuk di emailnya untuk mengaktifkan fitur pengiriman, setelah klik berlangganan di bawah ini.